Begini Cara Merawat Baterai Smartpohone yang Benar

Baterai adalah salah satu elemen inti dari smartphone, banyak orang yang mengeluh berbagai keluhan masalah baterai seperti baterai melembung, baterai cepat panas, baterai cepat drop dll. Tanpa disadari penyebab terbesar masalah baterai adalah dari perawatan baterai itu sendiri, terutama saat mengecas.
Banyak orang merekomendasikan beberapa cara untuk memperpanjang umur baterai agar bisa bertahan lama tetapi bisa dibilang menyulitkan atau membatasi pengguanaan fitur dari smartphone itu sendiri misalnya harus mematikan beberapa fitur, tidak menggunakan aplikasi tertentu, dan hal-hal lain yang bisa mengurangi kemampuan smartphone-nya.
Untuk menghindari hal-hal tersebut namun kita tetap bisa menikmati semua fitur smartphone yang kita inginkan, berikut beberapa tips bagi pengguna smartphone untuk memperpanjang umur baterainya diantaranya sebagai berikut:

  • Isi daya beberapa kali dalam beberapa tahapan
    Seperti halnya kehidupan kita sehari-hari, lebih baik lari sprint dalam beberapa sesi daripada lari maraton dalam satu sesi.begitu juga dalam mengisi baterai, untuk menjaga baterai agar tidak muak dalam pengisian, lebih baik pengisian dilakukan dalam beberapa tahapan. misalnya dari 20% sampai 60% atau 50% sampai 90%.
  • Hindari kekosongan baterai
    Mengisi baterai sampai penuh dalam waktu lama tidak baik, namun membiarkan baterai sampai benar-benar kosong lebih tidak baik. hal ini akan mempengaruhi ketahanan baterai
  • Kondisi Baterai stabil saat terisi 40%
    Pada persentase tersebut kondisi baterai dinyatakan seimbang, tidak terlalu penuh tidak juga terlalu kosong, maka jangan pernah mengecas baterai pada kondisi seperti ini. lebih baik gunakan dulu smartphone hingga persentase menurun pelan-pelan. setelah daya baterai sebelum mencapai 0 sampai 10 persen, barulah melakukan pengisian.
  • Jangan menempatkan baterai pada suhu panas ataupun dingin
    Baterai akan kehilangan daya tahanya hingga mencapai 80% pada suhu panas dengan tempertaur diatas 60 derajat Celcius dan dibawah 10 derajat celcius dalam 1 tahun. pastikan menempatkan baterai dalam kondisi suhu normal antara 25 sampai 30 derajat celcius.
  • Jangan biarkan baterai kosong dalam waktu lama
    Jika baterai dalam keadaan kosong, daya baterai akan tertidur. jika tidak segera dibangunkan dengan cara mengecasnya maka kemungkinan terburuk akan kehilangan kemapuan untuk menyerap daya dari charger
Itulah beberapa tips merawat baterai agar bisa bertahan lama, namun jangan berharap baterai bisa hidup selamanya, pada faktanya baterai mempunyai waktu paruh yaitu kemampuanya bakal berkurang sekitar 15 - 25 persen setiap tahunya.

Baca Juga :
Cara Mendapatkan Voucher Pulsa dan Gadget Gratis dari AdQuest
Cara Mendapat Pulsa Gratis dari PopSlide
Cara Mudah Mendapatkan Penghasilan Tambahan Dari Whaff Rewards

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »