Cara menghilangkan monkey test dan time service secara permanen

Sebelum ke topik masalah ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu monkey test dan time service serta apa dampaknya bagi perangkat android kita.

Monkey test dan time service merupakan jenis malware yang menginfeksi sistem perangkat android.

Efek dari malware ini sangat banyak sekali dan sangat berbahaya bagi perangkat android, apalagi jika android sudah terinfeksi malware ini cukup lama dipastikan semakin banyak pula masalah yang terjadi.

Cara kerja monkey test dan time service adalah memaksa perangkat android untuk mendowload dan menginstal berbagai macam aplikasi yang telah dimodifikasi secara otomatis. aplikasi tersebut mempunyai hak aksek yang telah dimodifikasi untuk mengacaukan sistem pada perangkat android.

Untuk menghapus malware ini tidak cukup dengan mengembalikan ke pengaturan pabrik,  meskipun kita mengembalikan pengaturan pabrik hingga ratusan kali, dijamin malware ini masih nongkrong di sistem android kita.

Untuk menghapus monkey test dan time service ada 2 cara yaitu dengan cara flashing ulang perangkat android kita kemudian melakukan Full Wipe. dan dengan cara manual.

Disini saya akan menjelaskan cara menghapus monkey test dan time service secara manual. jika kamu ingin melakukannya dengan cara flashing, kamu bisa cari di google cara flashing ulang android sesuai dengan merk dan tipe perangkat android kamu atau pergi ke service center/konter service Handphone terdekat.

Langsung ketutorial

Sebelumnya pastikan perangkat android kamu sudah dalam keadaan Root, kamu bisa root android kamu dengan menggunakan framaroot atau sejenisnya.
Alat yang dibutuhkan :
  • Root Exlorer
  • BusyBox Installer
  • Terminal emulator
  • Titanium Backup
Silahkan download dan instal keempat aplikasi tersebut dari google play store di perangkat android kamu.

Tahap berikutnya adalah menganalisa aplikasi/game yang kamu curigai sebagai malware, karena semakin lama perangkat android terinfeksi malware ini semakin banyak pula file dan aplikasi malware yang terinfeksi. kemudian hapus semua aplikasi yang kamu rasa tidak pernah menginstalnya, jika ada aplikasi yang kamu curigai namun tidak bisa dihapus, tidak usah panik, langsung saja ke tahap berikutnya.

Setelah semuanya sudah kamu lakukan, mari kita ke tahap berikutnya, perhatikan baik-baik.
  • Aktifkan USB debugging
    caranya masuk menu Pengaturan > Developer, cari kolom USB Debugging kemudian centang.
    jika kamu tidak menemukan sub Developer di menu pengaturan, silahkan masuk ke Pengaturan > Tentang Ponsel kemudian cari "Versi Karnel" lalu ketuk sebanyak 7 kali , jika sudah silahkan kembali ke pengaturan maka sub menu developer akan muncul.
  • Buka aplikasi BusyBox Installer kemudian klik instal BusyBox
    Pastikan perangkat android kamu terkoneksi dengan internet dan pastikan penginstalan berhasil. jika sudah, ikuti langkah selanjutnya.
  • Matikan semua koneksi internet, baik wifi maupun paket data
  • Buka aplikasi Titanium Backup

    Masuk ke menu Backup/Restore kemudian cari aplikasi Monkey Test dan Time Service beserta aplikasi yang kamu curigai sebagai malware. klik aplikasi tersebut kemudian klik Freeze. ini bertujuan untuk membekukan aplikasi agar tidak berjalan sendiri.
    Jika sudah, masuk ke tahap selanjutnya
  • Buka aplikasi Root Explorer
    Sebelumnya siapkan kertas dan bolpoin untuk mencatat file dan aplikasi agar tidak lupa.

    - Masuk ke directory system/xbin
    Kamu akan melihat file-file yang berawalan tanda titik , Catat semua file-file tersebut sama persis baik huruf besar atau huruf kecilnya. beri keterangan file tersebut ada di directory mana.

    - Selanjutnya masuk ke directory system/app atau system/priv-app
    Cari aplikasi yang kamu curigai sebagai malware dan catat nama aplikasi tersebut dengan teliti (perhatikan huruf besar dan huruf kecilnya). jangan lupa beri keterangan letakdirectorynya juga
    di directory ini semua aplikasi bukan malware mempunyai permission rw-r-r , jadi samua file/aplikasi yag mempunyai permission selain rw-r-r adalah malware, namun kadang juga malware mempunyai permission rw-r-r.
    Berikut contoh malware :
    * com.fition.wsattle.apk
    * com.android.psetting.apk
    * com.android.psync.apk
    * certificate.apk
    * com.android.wp.net.log.apk
    * providerdown.apk
    * ThemesManage.apk
    * cameraupdate.apk
    * dll
    harap diperhatikan bahwa nama malware pada tiap ponsel tidak selalu sama, jadi kamu harus jeli dalam membedakan antara aplikasi sistem dan aplikasi malware.

    - Selanjutnya masuk ke directory data/app
    Masih sama, catat semua aplikasi yang kamu curigai sebagai malware, beri keterangan letak directory. di directory ini biasanya malware mempunyai ciri-ciri mempunyai tampilan icon robot hijau dan tidak bisa dihapus.

Berikutnya adalah tahap eksekusi 
siapkan catatan yang kamu catat tadi
sebagai contoh saya akan menghapus file cameraupdate.apk di directory system/priv-app

Buka aplikasi Terminal Emulator dan perhatikan baik-baik
  1. Pertama ketik perintah su pada terminal emulator kemudian klik enter (ini merupakan directory awal / directory root)
  2. Membuka directory
    ketik perintah cd(spasi)nama directory
    contoh :
    cd system/priv-app => klik enter
  3. Merubah atribute/permission file  
    Ketik perintah chattr(spasi)-iaA(spasi)nama file
    contoh :
    chattr -iaA cameraupdate.apk => klik enter
  4. Menghapus file
    ketik perintah rm(spasi)nama file

    Contoh :
    rm cameraupdate.apk =>
    klik enter
sekarang file cameraupdate.apk sudah terhapus dari perangkat android kamu. silahkan kamu lanjutkan penghapusan aplikasi malware/file yang kamu catat tadi. 
jika kamu akan menghapus file yang letaknya masih di directory yang sama, kamu tinggal melanjutkan dengan memulai dari langkah ke tiga yaitu merubah atribute dilanjutkan dengan menghapus file.

jika kamu akan pindah ke directory lain ketikan perintah su kemudian klik enter. perintah ini digunakan untuk mundur satu langkah dari letak directory yang sedang dibuka. 
artinnya jika kamu sekarang sedang membuka directory cd system/priv-app kemudian kamu ketikan perintah su lalu klik enter , berarti sekarang kamu sedang membuka directory cd system . 
dan jika kamu akan kembali ke directory root atau directory awal, kamu ketikan lagi perintah su kemudian enter. sekarang kamu sudah kembali ke directory root.

Setelah semua file sudah di eksekusi, silahkan restart perangkat android kamu. sekarang aplikasi monkey test dan Time Service sudah berhasil di hapus dari perangkat android kamu.

Untuk menghindari android kamu terinfeksi malware lagi, jangan instal aplikasi atau game selain dari Play Store, sebagai tips jangan izinkan penginstalan aplikasi dari sumber yang tidak dikenal. caranya masuk pengaturan > keamanan kemudian jangan centang di bagian izinkan penginstalan aplikasi dari sumber yang tidak di kenal.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
03 November, 2017 06:39 delete

Kalo di hapus langsung lewat rootex kan lebih cepet mas

Reply
avatar