Kelebihan Dan Kekurangan LOCK / UNLOCK Bootloader Pada Ponsel Android

Sebelum ke topik pembahasan, ada baiknya kita bahas dulu apa itu bootloader dan apa fungsi bootloader bagi sebuah operasi sistem. 

Bootloader adalah sebuah program yang memuat sebuah sistem operasi baik pada ponsel android maupun pada komputer. Bootloader berperan penting dalam memberikan akses untuk memodifikasi sistem, menverifikasi OS,  menyediakan media untuk mengupdate perangkat. 

Bootloader dapat diibaratkan sebagai pintu gerbang menuju pengoperasian sebuah perangkat. jika bootloader pada sebuah perangkat bermasalah maka perangkat tersebut tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Untuk menghindari kerusakan bootloader, baik itu karena modifikasi oleh user maupun kesalahan system lainya, beberapa vendor ponsel mengunci bootloader demi untuk keamanan perangkatnya, yang sering kita dengar dengan istilah LOCK BOOTLOADER.

Lock Bootloader itu sendiri adalah keadaan dimana bootloader dalam keadaan terkunci sehingga aksesbilitas sebuah perangkat dibatasi demi untuk menghindari modifikasi yang dapat menyebabkan rusaknya bootloader itu sendiri. dalam keadaan ini user tidak bisa memodifikasi sistem pada ponsel, seperti modifikasi karnel, instal custom recovery, instal Custom ROM dll.

Bagi user dengan pemakaian normal, ponsel dengan keadaan lock bootloader tidaklah menjadi masalah, Namun bagi user yang hoby memodifikasi ponselnya, hal ini akan menjadi hambatan maka unlock bootloader menjadi salah satu langkah awal untuk memodifikasi ponsel.

Secara umum kelebihan dan kekurangan baik lock bootloader maupun unlock bootloader dapat disimpulakn sebagai berikut:

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN LOCK BOOTLOADER
  • Kelebihan Lock Bootloader
    - Menjaga ponsel dalam keadaan stock ROM (ROM Pabrik)
    - Menjaga masa garansi,
    - Melindungi Data pengguna,
    - Menghindari kerusakan yang disebabkan modifikasi baik oleh user maupun aplikasi pihak ketiga
    - Melindungi perangkat dari serangan malware
  • Kekurangan Lock Bootloader
    - Kekurangan ponsel dalam keadaan lock bootloader adalah kita tidak bisa memodifikasi sistem ponsel karena keterbatasan aksesbilitas, sehingga ponsel selalu dalam keadaa default.
    - Tidak bisa melakukan flashing dengan mode fastboot, sehingga jika terjadi bootlop atau kerusakan software maupun hardbrick untuk melakukan unbrick atau flashing melalui EDL mode baik dengan cara test point maupun dengan bantuan Kabel Deep Flash (DFC)
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN UNLOCK BOOTLOADER
  • Kelebihan Unlok Bootloader- Kita bisa memodifikasi ponsel sesuai dengan yang kita inginkan, seperti install custom recovery, custom ROM, tweak, Root dll untuk meningkatkan performa ponsel.
    - Kita bisa melakukan flashing dengan mode fastboot, sehingga jika terjadi bootlop atau hardbrick akan mudah ditangani.
  • Kekurangan Unlock Bootloader- Dari segi keamanan, ponsel akan lebih rentan terhadap serangan malware yang bisa mengakibatkan dicurinya atau hilangnya data-data penting pada ponsel. Beberapa fitur atau aplikasi dengan tingkat keamanan tinggi seperti perbankan dll akan lebih rawan.
    - Garansi ponsel akan hangus

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »