Kenali Tanda-tanda Android Terinfeksi Virus / Malware

Sistem operasi Android yang bersifat terbuka (Open Source) memungkinkan banyak pengembang membuat berbagai aplikasi dan tidak menutup kemungkinan banyak pengembang yang tidak bertanggung jawab menanamkan program jahat atau malware demi untuk kepentingan pribadinya. 

Malware beroperasi secara sembunyi-sembunyi mencuri data pengguna atau memakai kouta internet tanpa izin. tentunya hal ini sangat merugikan bila dibiarkan, Malware juga menggunakan berbagi cara untuk menghindar agar tidak terdeteksi keberadaanya oleh pengguna Android, namun kehadiranya masih dapat diketahui dengan mengamati tanda-tanda keberadaanya diantaranya :

  1. Daya Tahan Baterai Menurun
    Jika daya tahan baterai menurun tanpa sebab yang jelas ada kemungkinan itu karena malware. cotohnya seperti Adware yaitu jenis malware yang terus menerus mengirim iklan kepada pengguna sehingga mempengaruhi daya tahan baterai.
  2. Dropped Call atau Gangguan panggilan
    Jika Anda yakin bahwa tidak ada gangguan signal di tempat Anda, namun saat melakukan panggilan terjadi dropped call atau gangguan panggilan maka ada kemungkinan disebabkan karena Malware yang berusaha menyadap pembicaraan atau melakukan aktivitas mencurigakan lainya.
  3. Pulsa Cepat Habis
    Malware bisa mencuri pulsa dengan berbagi macam cara seperti mengirim sms ke nomor tertentu dengan tarif premuim. Untuk menghindari kecurigaan pengguna, biasanya malware hanya menirim sms seminggu sekali atau sebulan sekali.
  4. Konsumsi Data Naik Drastis
    Kasus yang satu ini juga bisa terjadi karena malware yang melakukan koneksi internet tanpa sepengetahuan pengguna.
  5. Performa Android Menurun
    Malware bisa membuat kinerja android meurun, cara memeriksanya bisa dengan melihat konsumsi RAM. Apabila sisa memori RAM android anda semakin sedikit sementara tidak ada aplikasi yang berjalan, bisa jadi android anda terinfeksi malware
Apabila perangkat android anda mengalami hal-hal seperti diatas, kemungkinan besar perangkat android anda terjangkit malware, untuk mengatasinya ada beberapa tindakan yang harus anda lakukan yaitu dengan menghapus aplikasi yang dicurigai terinfeksi malware namun Jika malware masih bertahan  walaupun aplikasi yang dicurigai sudah terhapus maka langkah untuk membersihkanya adalah dengan melakukan Factory Reset.

Baca Juga :
Cara Mendapatkan Voucher Pulsa dan Gadget Gratis dari AdQuest
Cara Mendapat Pulsa Gratis dari PopSlide
Cara Mudah Mendapatkan Penghasilan Tambahan Dari Whaff Rewards

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »