Internet Terancam Macet Dalam 5 Tahun Kedepan

Mendengar kata macet, yang terpikir dibenak kita adalah transportasi sebuah jalan raya protokol di kota-kota besar atau jalan pantura jawa saat arus mudik dan arus balik lebaran. tentunya kita tahu apa penyebab dari kemacetan jalan tersebut diantaranya kondisi jalan yang tidak mampu menampung debit kendaraan yang melaluinya.

Lantas apa hubunganya dengan internet?

Seperti halnya transportasi di jalan raya, internet juga akan mengalami kemacetan saat kapasitas kabel serat optis tak mampu mengimbangi derasnya debit konsumsi data yang berukuran besar. apalagi belakangan ini banyak layanan yang rakus bandwidth, seperti Streaming, Video Call, Download, Upload dan lain-lain.

Secara teori, kabel serat optis mampu menangani transmisi data sebesar 100 tertabit/detik atau setara dengan 250 buah piringan blue-ray. Meskipun besar, namun kapasitas ini diperkirakan sudah tidak memadai dalam 5 tahun kedepan.

Kalau hal itu terjadi, maka jaringan internet akan tersendat atau mengalami kemacetan dan trafiknya pun akan melambat karena kapasitas jaringan yang tidak mampu menampung besarnya arus data yang keluar masuk.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »